Kamis, 17 Februari 2011

Materi Pembinaan Tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)


LANDASAN TEORITIS

1, UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
3. Permendiknas  No. 22/2006 tentang Standar Isi (SI)
4. Permendiknas  No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan (SKL)
5. Permendiknas  No. 24/2006 Tentang pelaksanaan Permendiknas No.22 dan 23/2006
6. Permendiknas  No. 41/2007 Tentang Standar Proses
7. Permrndiknas  No. 20/2007  Tentang Standar Penilaian

CAKUPAN STANDAR ISI

1.     Kerangaka Dasar Dan Struktur Kurikulum
2.     Beban Belajar
3.     Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
4.     Kalender Pendidikan

KOMPONEN  KTSP

1.     Tujuan Pendidikan Nasional
2.     Struktur Dan Muatan Kurikulum   ( Mata Pelajaran, Muatan lokal, Pengembangan diri, Ketuntasan  Belajar (KKM) Kenaikan dan Kelulusan, Penjurusan, Pendidikan kecakapan hidup, Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global)
3.     Kalender Pendidikn
4.     Silabus Dan RPP

APA ITU  KKM ?

Salah satu prinsip penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi  adalah menggunakan acuan Kriteria , yaitu menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan kelulusan peserta didik.
Kriteria Paling rendah  untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dinamakan KKM.

FUNGSI  KKM

1.     Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD Mata Pelajaran yang di ikuti
2.     Sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
3.     Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelejaran yang dilaksanakan disekolah
4.     Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikn dengan masarakat
5.     Merupakan target satuan pendidikn dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.

LANGKAH-LANGKAH PENETAPAN KKM

1.     Guru menetapkan KKM Mapel dengan mempertimbangkan 3 aspek yaitu : Kompleksitas, Daya dukung, dan intake peserta didik.

KKM  INDIKATOR ---------- KKM  KD--------KKM SK -----------KKM MATA PELAJARAN
2.     Penetapan KKM disahkan oleh Kepala Sekolah
3.     KKM disosialisasikan kepada : peserta didik, Orang  tua, dan Dinas pendidikan
4.     KKM dicantumkan dalam LBH (Laporan Hasil Belajar)

PENENTUAN KKM

1.     Tingkat Kompleksitas (kesulitan/ kerumitan) setiap Indikator, KD, SK, yang harus dicapai
2.     Kemampuan Sumber daya Dukung :
-         Sarana Prasarana Pendidikan
-         Kesediaan tenaga, Manajemen sekolah, dan
-         Kepedulian Stokeholder sekolah
3.     Tingkat Kemampuan  (intake) rata-rata perserta didik disekolah yang bersangkutan

SKALA PENETAPAN DALAM PEMBUATAN KKM
          Untuk memudahkan analisis setiap indikator, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran (rentang nilai)

Aspek yang di analisis
Kriteria dan sekala Penilaian
kompleksitas
Tinggi
<  65
Sedang
65 – 79
Rendah
80 - 100
Daya Dukung
Tinggi
80 - 100
Sedang
65 – 79
Rendah
< 65
Intake siswa
Tinggi
80 - 100
Sedang
65 – 79
Rendah
< 65


 





Atau dengan menggunakan poin / skor pada setiap kriteria yang ditetapkan.
Aspek yang di analisis
Kriteria penskoran
Kompleksitas
Tinggi
1
Sedang
2
Rendah
3
Daya Dukung
Tinggi
3
Sedang
2
Rendah
1
Intake sisiwa
Tinggi
3
Sedang
2
Rendah
1

Jika indikator memiliki kriteria kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang, maka nilai KKM-nya adalah  :
                   1    +    3    +    2    
                                                 X 100 = 66, 9
       9
Nilai KKM merupakan angkatan bulat, maka nilai KKM-nya adalah 67.
Contoh :
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran                        : IPS
Kelas / semester                      : IV / 1
Standar Kompetensi   : Memahami sejarah,kenampakan alam,dan keragaman suku  
                                       bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi dasar / Indikator
Kriteria Pencapaian
Ketuntasan belajar siswa
( KD / Indikator )
KKM
KD
Komplek
Sitas
Daya dukung
Intake
Rata 2

1.4 Kemampuan menghargai
   keragaman suku bangsa dan budaya
   setempat (Kabupaten,Kota,Provinsi)
-          Menjelaskan pengertian
      Bineka Tunggal Ika
-          Menjelaskan pentingnya        
Persatuan dan keragaman
-          Membandingkan bentuk-
Bentuk keragaman suku
            Bangsa  dan budaya setempat
-          Mengindentifikasi adat/
   kebiasaan di myarakat setempat





Tinggi
62
Sedang
66

 Sedang
67


Tinggi
64




Sedang
66
Rendah
65 

Sedang
66


Sedang
66





Sedang
66
Rendah
64

Rendah
64


Rendah
65





65

65


66



65
65

JUMLAH



  65,25

Keterangan : KD = 65,25
Dibulatkan menjadi : 65

Kompetensi dasar / Indikator
Kriteria Pencapaian
Ketuntasan belajar siswa
( KD / Indikator )
KKM
KD
Komplek
Sitas
Daya dukung
Intake
Rata 2

1.4 Kemampuan menghargai
   keragaman suku bangsa dan budaya
   setempat (Kabupaten,Kota,Provinsi)
-          Menjelaskanpengertian
      Bineka Tunggal Ika
-          Menjelaskan pentingnya        
Persatuan dan keragaman
-          Membandingkan bentuk-
Bentuk keragaman suku
            Bangsa  dan budaya setempat
-          Mengindentifikasi adat/
   kebiasaan di myarakat setempat
-




Tinggi
1
Sedang
2

Sedang
2


Sedang
2
-



Tinggi  3        Sedang
2

Sedang
2   
     

Sedang
2  
-




Sedang
2
Rendah
1

Sedang
2


Sedang
     2
-




66,65

55,55


66,65



66,65

64




67

56


67



67
JUMLAH



 
257
Keterangan : KD = 257:4= 64,25
Dibulatkan menjadi : 64

REKAPITULASI KKM
TAHUN AJARAN 2010.../20.11..
  
Semester     1           SDN ..................................
NO
MATA PELAJARAN
KELAS/KKM
JUMLAH
RATA 2
KET
DI BL
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
7

8
9
10
Agama
PKN
B.Indonesia
Matematika
IPA
IPS
Seni budaya dan keterampilan
Penjas,orkes
B.Sunda
B.Inggris
60
65
65
60
60
60
66

68
60
-
65
65
60
60
62
65
65

70
65
-
65
66
65
65
60
60
65

68
60
-
68
66
65
65
65
65
68

65
60
65

70
68
68
70
68
66
65

70
65
65

70
70
68
68
65
65
70

70
68
66


398
400
391
388
380
381
399

411
378
196

66,33
66,65
65,15
64,65
63,33
63,50
66,50

68,50
63,00
65,33

66
66
65
64
63
63
66

68
63
65

Jumalah
564  
577
574
652
675
680
-----
-----
649

Rata-Rata
63
64
64
65
67
68


65

Semester    2        
NO
MATA PELAJARAN
KELAS/KKM
JUMLAH
RATA 2
KET
D BLT
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
7

8
9
10
Agama
PKN
B.Indonesia
Matematika
IPA
IPS
Seni budaya dan keterampilan
Penjas,orkes
B.Sunda
B.Inggris
65
68
67
64
66
66
70

70
66
-
66
66
65
65
65
68
68

70
66
-
65
68
67
67
64
64
67

68
62
-
68
66
67
67
65
65
70

65
64
65
70
68
68
70
70
66
67

72
67
67

70
70
68
68
67
67
72

70
68
68
404
406
402
401
397
306
414

415
383
200
67,33
67,65
67.00
66,83
66,15
66.00
69,00

69,15
63.83
66,65

67
68
67
67
66
66
69

69
64
67

Jumlah
602
599
592
662
685
688
------
-------
670

Rata-Rata
67
66
66
66
68
69
------
--------
67

REKAPITULASI KKM
SDN................................TAHUN AJARAN 20.../20...

NO
MATA PELAJARAN
KELAS/KKM
JUMLAH
RATA 2
KET
1
2
3
4
5
6
1
2
3
4
5
6
7

8
9
10
Agama
PKN
B.Indonesia
Matematika
IPA
IPS
Seni budaya dan keterampilan
Penjas,orkes
B.Sunda
B.Inggris
62
66
66
62
63
63
68

69
63
65
65
62
62
63
66
66

70
65
65
67
66
66
62
62
66

68
61
68
66
66
66
65
65
69

65
62
65
70
68
68
70
69
66
66

71
66
66
70
70
68
68
66
66
71

70
68
67
400
402
396
394
388
388
406

413
385
198
66,65
67,00
66,00
65,65
64,65
64,65
67,65

68,83
64,15
66,00

67
67
66
66
65
65
68

69
64
66


Jumlah
582
584
583
657
680
684
------
------
663

Rata-Rata
65
65
65
66
68
68
397
66,15
66

UNTUK GURU :
SUDAHKAH ANDA MEMBUAT KKM ?
SUDAHKAH ANDA MEMBUAT REKAPITULASI KKM ?
SUDAHKAH ANDA MELAPORKAN KKM  KEPADA KEPALA SEKOLAH ?
BERARTI ANDA MELAKSANAKAN STANDAR PROSES DENGAN BENAR

UNTUK KEPALA SEKOLAH :

SUDAHKAH ANDA MENERIMA KKM DARI GURU ?
APAKAH DIBUAT REKAPITULASINYA ?

BERARTI ANDA :
1.SEDANG ATAU SUDAH MEMBUAT KTSP !
2.MEMATUHI :
-UU NO. 20/2003  TENTANG SISTEM PENDIDIKAN
- PP NO 19 /2005  TENTANG STANDAR NASIONAL          

Disusun oleh : Drs. Yaya matrajaya , M.M.Pd           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar