LANDASAN TEORITIS
1, UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP)
4. Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Kelulusan (SKL)
5. Permendiknas No. 24/2006 Tentang pelaksanaan Permendiknas No.22 dan 23/2006
6. Permendiknas No. 41/2007 Tentang Standar Proses
7. Permrndiknas No. 20/2007 Tentang Standar Penilaian
CAKUPAN STANDAR ISI
1. Kerangaka Dasar Dan Struktur Kurikulum
2. Beban Belajar
3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
4. Kalender Pendidikan
KOMPONEN KTSP
1. Tujuan Pendidikan Nasional
2. Struktur Dan Muatan Kurikulum ( Mata Pelajaran, Muatan lokal, Pengembangan diri, Ketuntasan Belajar (KKM) Kenaikan dan Kelulusan, Penjurusan, Pendidikan kecakapan hidup, Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global)
3. Kalender Pendidikn
4. Silabus Dan RPP
APA ITU KKM ?
Salah satu prinsip penilaian pada kurikulum berbasis kompetensi adalah menggunakan acuan Kriteria , yaitu menggunakan kriteria tertentu dalam menentukan kelulusan peserta didik.
Kriteria Paling rendah untuk menyatakan peserta didik mencapai ketuntasan dinamakan KKM.
FUNGSI KKM
1. Sebagai acuan bagi pendidik dalam menilai kompetensi peserta didik sesuai KD Mata Pelajaran yang di ikuti
2. Sebagai acuan bagi peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
3. Dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelejaran yang dilaksanakan disekolah
4. Merupakan kontrak pedagogik antara pendidik dengan peserta didik dan antara satuan pendidikn dengan masarakat
5. Merupakan target satuan pendidikn dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran.
LANGKAH-LANGKAH PENETAPAN KKM
1. Guru menetapkan KKM Mapel dengan mempertimbangkan 3 aspek yaitu : Kompleksitas, Daya dukung, dan intake peserta didik.
KKM INDIKATOR ---------- KKM KD--------KKM SK -----------KKM MATA PELAJARAN
2. Penetapan KKM disahkan oleh Kepala Sekolah
3. KKM disosialisasikan kepada : peserta didik, Orang tua, dan Dinas pendidikan
4. KKM dicantumkan dalam LBH (Laporan Hasil Belajar)
PENENTUAN KKM
1. Tingkat Kompleksitas (kesulitan/ kerumitan) setiap Indikator, KD, SK, yang harus dicapai
2. Kemampuan Sumber daya Dukung :
- Sarana Prasarana Pendidikan
- Kesediaan tenaga, Manajemen sekolah, dan
- Kepedulian Stokeholder sekolah
3. Tingkat Kemampuan (intake) rata-rata perserta didik disekolah yang bersangkutan
SKALA PENETAPAN DALAM PEMBUATAN KKM
Untuk memudahkan analisis setiap indikator, perlu dibuat skala penilaian yang disepakati oleh guru mata pelajaran (rentang nilai)
Aspek yang di analisis | Kriteria dan sekala Penilaian | ||
kompleksitas | Tinggi < 65 | Sedang 65 – 79 | Rendah 80 - 100 |
Daya Dukung | Tinggi 80 - 100 | Sedang 65 – 79 | Rendah < 65 |
Intake siswa | Tinggi 80 - 100 | Sedang 65 – 79 | Rendah < 65 |
Atau dengan menggunakan poin / skor pada setiap kriteria yang ditetapkan.
Aspek yang di analisis | Kriteria penskoran | ||
Kompleksitas | Tinggi 1 | Sedang 2 | Rendah 3 |
Daya Dukung | Tinggi 3 | Sedang 2 | Rendah 1 |
Intake sisiwa | Tinggi 3 | Sedang 2 | Rendah 1 |
Jika indikator memiliki kriteria kompleksitas tinggi, daya dukung tinggi dan intake peserta didik sedang, maka nilai KKM-nya adalah :
1 + 3 + 2
X 100 = 66, 9
9
Nilai KKM merupakan angkatan bulat, maka nilai KKM-nya adalah 67.
Contoh :
PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER KD DAN INDIKATOR
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / semester : IV / 1
Standar Kompetensi : Memahami sejarah,kenampakan alam,dan keragaman suku
bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi dasar / Indikator | Kriteria Pencapaian Ketuntasan belajar siswa ( KD / Indikator ) | KKM KD | |||||
Komplek Sitas | Daya dukung | Intake | Rata 2 | ||||
1.4 Kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (Kabupaten,Kota,Provinsi) - Menjelaskan pengertian Bineka Tunggal Ika - Menjelaskan pentingnya Persatuan dan keragaman - Membandingkan bentuk- Bentuk keragaman suku Bangsa dan budaya setempat - Mengindentifikasi adat/ kebiasaan di myarakat setempat | Tinggi 62 Sedang 66 Sedang 67 Tinggi 64 | Sedang 66 Rendah 65 Sedang 66 Sedang 66 | Sedang 66 Rendah 64 Rendah 64 Rendah 65 | 65 65 66 65 | 65 | ||
JUMLAH | 65,25 | ||||||
Keterangan : KD = 65,25
Dibulatkan menjadi : 65
Kompetensi dasar / Indikator | Kriteria Pencapaian Ketuntasan belajar siswa ( KD / Indikator ) | KKM KD | |||||
Komplek Sitas | Daya dukung | Intake | Rata 2 | ||||
1.4 Kemampuan menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (Kabupaten,Kota,Provinsi) - Menjelaskanpengertian Bineka Tunggal Ika - Menjelaskan pentingnya Persatuan dan keragaman - Membandingkan bentuk- Bentuk keragaman suku Bangsa dan budaya setempat - Mengindentifikasi adat/ kebiasaan di myarakat setempat | - Tinggi 1 Sedang 2 Sedang 2 Sedang 2 | - Tinggi 2 Sedang 2 Sedang 2 | - Sedang 2 Rendah 1 Sedang 2 Sedang 2 | - 66,65 55,55 66,65 66,65 | 64 67 56 67 67 | ||
JUMLAH | 257 | ||||||
Keterangan : KD = 257:4= 64,25
Dibulatkan menjadi : 64
REKAPITULASI KKM
TAHUN AJARAN 2010.../20.11..
Semester 1 SDN ..................................
NO | MATA PELAJARAN | KELAS/KKM | JUMLAH | RATA 2 | KET DI BL | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Agama PKN B.Indonesia Matematika IPA IPS Seni budaya dan keterampilan Penjas,orkes B.Sunda B.Inggris | 60 65 65 60 60 60 66 68 60 - | 65 65 60 60 62 65 65 70 65 - | 65 66 65 65 60 60 65 68 60 - | 68 66 65 65 65 65 68 65 60 65 | 70 68 68 70 68 66 65 70 65 65 | 70 70 68 68 65 65 70 70 68 66 | 398 400 391 388 380 381 399 411 378 196 | 66,33 66,65 65,15 64,65 63,33 63,50 66,50 68,50 63,00 65,33 | 66 66 65 64 63 63 66 68 63 65 |
Jumalah | 564 | 577 | 574 | 652 | 675 | 680 | ----- | ----- | 649 | |
Rata-Rata | 63 | 64 | 64 | 65 | 67 | 68 | 65 |
Semester 2
NO | MATA PELAJARAN | KELAS/KKM | JUMLAH | RATA 2 | KET D BLT | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Agama PKN B.Indonesia Matematika IPA IPS Seni budaya dan keterampilan Penjas,orkes B.Sunda B.Inggris | 65 68 67 64 66 66 70 70 66 - | 66 66 65 65 65 68 68 70 66 - | 65 68 67 67 64 64 67 68 62 - | 68 66 67 67 65 65 70 65 64 65 | 70 68 68 70 70 66 67 72 67 67 | 70 70 68 68 67 67 72 70 68 68 | 404 406 402 401 397 306 414 415 383 200 | 67,33 67,65 67.00 66,83 66,15 66.00 69,00 69,15 63.83 66,65 | 67 68 67 67 66 66 69 69 64 67 |
Jumlah | 602 | 599 | 592 | 662 | 685 | 688 | ------ | ------- | 670 | |
Rata-Rata | 67 | 66 | 66 | 66 | 68 | 69 | ------ | -------- | 67 |
REKAPITULASI KKM
SDN................................TAHUN AJARAN 20.../20...
NO | MATA PELAJARAN | KELAS/KKM | JUMLAH | RATA 2 | KET | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||||
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | Agama PKN B.Indonesia Matematika IPA IPS Seni budaya dan keterampilan Penjas,orkes B.Sunda B.Inggris | 62 66 66 62 63 63 68 69 63 | 65 65 62 62 63 66 66 70 65 | 65 67 66 66 62 62 66 68 61 | 68 66 66 66 65 65 69 65 62 65 | 70 68 68 70 69 66 66 71 66 66 | 70 70 68 68 66 66 71 70 68 67 | 400 402 396 394 388 388 406 413 385 198 | 66,65 67,00 66,00 65,65 64,65 64,65 67,65 68,83 64,15 66,00 | 67 67 66 66 65 65 68 69 64 66 |
Jumlah | 582 | 584 | 583 | 657 | 680 | 684 | ------ | ------ | 663 | |
Rata-Rata | 65 | 65 | 65 | 66 | 68 | 68 | 397 | 66,15 | 66 |
UNTUK GURU :
SUDAHKAH ANDA MEMBUAT KKM ?
SUDAHKAH ANDA MEMBUAT REKAPITULASI KKM ?
SUDAHKAH ANDA MELAPORKAN KKM KEPADA KEPALA SEKOLAH ?
BERARTI ANDA MELAKSANAKAN STANDAR PROSES DENGAN BENAR
UNTUK KEPALA SEKOLAH :
SUDAHKAH ANDA MENERIMA KKM DARI GURU ?
APAKAH DIBUAT REKAPITULASINYA ?
BERARTI ANDA :
1.SEDANG ATAU SUDAH MEMBUAT KTSP !
2.MEMATUHI :
-UU NO. 20/2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN
- PP NO 19 /2005 TENTANG STANDAR NASIONAL
Disusun oleh : Drs. Yaya matrajaya , M.M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar