Selasa, 08 Maret 2011

Olah Otak Tingkatkan Kemampuan Berpikir

Semakin sering berlatih akan semakin bagus. Ungkapan itu mungkin sering kita dengar dalam masalah fisik. Tapi siapa sangka bahwa ungkapan yang sama juga berlaku untuk kerja otak kita. Setidaknya itulah hasil penelitian yang dilakukan gabungan para ilmuwan dari Amerika Serikat dan Swiss beberapa waktu lalu.
Seperti diberitakan BBC 29 April 2009, tim US-Swiss ini melakukan pengujian terhadap 35 sukarelawan selama hampir 3 minggu. Ke-35 sukarelawan itu dihadapkan serangkaian tes selama 25 menit setiap harinya. Tes yang dilakukan pun bervariasi mulai uji kemampuan mengingat huruf sampai serangkaian tes dengan menggunakan bantuan bentuk. Tes yang dilakukan dengan komputer ini akan terus meningkat kesulitannya sesuai dengan hasil tes sebelumnya. Namun bila subyek yang diuji melakukan kesalahan, komputer akan memberi waktu menyesuaikan kemampuan. Tes ini tak jauh dari game komputer yang akan terus meningkat kesulitannya setiap level.
Setelah menyelesaikan ‘pelatihan’ selama 3 minggu itu, hasil nilai akhir ke-35 sukarelawan tadi dibandingkan dengan hasil tes awal mereka. Ternyata, ada peningkatan yang menyolok antara hasil kedua tes tersebut. Hasil ini kemudian dibandingkan dengan hasil tes dari sukarelawan lain yang tidak mengikuti program pelatihan tersebut. Hasilnya lagi-lagi menunjukkan perbedaan yang lumayan drastis.
Saat dihadapkan pada permasalahan yang tidak berhubungan dengan komputer, kelompok yang menjalani ‘pelatihan’ ini pun tampil lebih baik dari pada kelompok yang tidak menjalani ‘pelatihan’. Menurut Professor Walter Perrig dari University of Bern kemampuan masing-masing individu meningkat walaupun peningkatan itu tidak sama rata tingkatannya.
Baroness Susan Greenfield, seorang ilmuwan terkemuka Inggris, menyatakan bahwa dengan stimulasi semacam itu membuat sel otak mulai membuka ‘cabang-cabang’ baru dan membuat ikatan dengan sel-sel lain. Namun kebiasaan akhirnya tetap menjadi kunci dari semuanya. Semakin sering berlatih maka akan semakin baik lagi. (bbc/roc)
Sumber: KapanLagi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar